IKUTI
Info Terkini
  • 11 bulan yang lalu / Mari Pantaskan diri menuju Batitullah /  Kurs Dollar hari ini Rp. 14.675,00 / Harga sewaktu waktu bisa berubah sesuai dengan Kurs Dollar yang berlaku pada saat pembayaran
  • 2 tahun yang lalu /
  • 2 tahun yang lalu /
5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Berangkat Umroh

5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Berangkat Umroh

Oleh : admin - Kategori : Info
17
Mar 2020

Umroh merupakan ibadah yang memakan banyak waktu serta energi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan matang agar proses ibadah menjadi lebih lancar. Kali ini, tim Kitaumroh telah menulis beberapa tips yang harus kamu ketahui sebelum berangkat ke tanah suci.

Dengan tips ini, harapannya kamu bisa mendapatkan gambaran tentang apa saja yang harus dipersiapkan agar umroh dapat berjalan dengan lebih baik. Berikut adalah 5 hal yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat umroh.

1.    Pelajari Tata Cara Umroh

Pertama-tama kamu harus mengetahui tata cara umroh agar ibadah dapat berjalan dengan lancar dan sah. Tata cara tersebut meliputi rukun-rukun, doa-doa, dan larangan yang harus dihindari dalam ibadah umroh.

Jangan sampai kamu malah bingung harus melakukan apa ketika telah tiba di tanah suci. Biasanya, agen travel akan menyelenggarakan kegiatan manasik serta memberikan buku panduan yang bisa kamu pelajari.

Ikuti manasik dengan seksama dan jangan ragu untuk menanyakan hal yang kamu anggap masih belum jelas.

2.    Siapkan Fisik dan Mental

Dalam sehari, rata-rata kegiatan umroh bisa berlangsung selama 5 jam, kalau kondisi fisik kamu tidak prima maka kamu akan mudah lelah dan hal tersebut akan membuat ibadah menjadi tidak khusyuk.

Sebaiknya sebelum berangkat umroh kamu mempersiapkan kondisi fisik dengan lari pagi selama 30 menit setidaknya 2 minggu sebelum keberangkatan, apalagi untuk jamaah yang jarang beraktifitas atau lanjut usia.

Selain olahraga, kamu juga bisa mengkonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk suntik vaksin Meningitis sebelum berangkat karena hal tersebut merupakan syarat wajib untuk berangkat umroh.

Sedangkan secara mental, niatkan di dalam hati bahwa kamu pergi umroh untuk beribadah, bukan untuk melakukan hal lain. Tetap sabar ketika ada jamaah lain atau penduduk lokal yang membuat kamu kurang nyaman dan ingatkan diri sendiri serta orang terdekat untuk menjaga amalan baik selama berada di tanah suci.

3.    Siapkan Perlengkapan Ibadah dan Pendukung

Apa saja sih peralatan yang harus dipersiapkan sebelum berangkat umroh? Selain baju Ihram yang biasanya sudah dipersiapkan pihak travel, kamu juga harus persiapkan pakaian yang menutup aurat, jaket, kaos kaki, sarung tangan, alas kaki, dan masker.

Siapkan pakaian secukupnya sesuai dengan berapa lama kamu akan bermalam, tidak usah berlebihan karena akan merepotkan kamu sendiri.

Jangan lupakan perlengkapan ibadah seperti Alquran, tasbih, sajadah, dan sarung. Siapkan Alquran ukuran kecil dan sajadah tipis agar mudah dibawa dan disimpan.

Untuk peralatan tambahan lainnya kamu bisa menyiapkan obat-obatan, peralatan mandi, charger ponsel, power bank, steker/colokan kaki tiga, kabel roll, botol minum, tabir surya dan pelembab.

Tas kecil juga wajib dipersiapkan karena sangat membantu untuk menyimpan dompet, passport, tkamu pengenal, handphone, dan benda penting lainnya.

4.    Buat Pengingat/Reminder

Reminder akan banyak membantu kamu baik dalam proses packing maupun ibadah. Jangan lupa untuk membuat daftar barang yang dibawa ketika menyiapkan perlengkapan.

Daftar tersebut berfungsi sebagai pengingat yang akan memudahkan proses packing nanti saat pulang. Dengan pengingat tersebut, kamu gak perlu pusing memikirkan barang apa yang mungkin tertinggal.

Reminder juga bisa digunakan untuk mengingatkan target ibadah yang ingin kamu jalani atau doa yang ingin dipanjatkan ketika berada di tanah suci. Selain untuk mengingatkan, mencatat target ibadah juga akan membuat kita lebih semangat dan giat dalam mengerjakannya.

5.    Siapkan Alat Komunikasi

Terakhir jangan lupa untuk menyiapkan alat komunikasi. Hal ini sangat penting agar kamu bisa berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia maupun sesama jamaah yang melakukan umroh.

Untuk komunikasi melalui ponsel dengan menggunakan nomor Indonesia, kamu wajib menggunakan paket roaming atau paket umroh dan haji yang disediakan para operator seluler.

Akses telepon, SMS, dan internet tanpa paket akan dikenakan biaya yang mahal, jadi paket tersebut akan sangat membantu kamu dalam menghemat biaya.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan kartu perdana Arab Saudi. Kelebihan kartu perdana Arab Saudi adalah sinyal yang lebih baik dan tarif yang lebih murah ketika digunakan oleh sesama jamaah yang melakukan umroh.

Kartu perdana tersebut bisa kamu beli di bandara atau di sekitar hotel di Mekkah maupun Madinah. Hanya saja, proses untuk membelinya cukup merepotkan karena harus menyertakan identitas resmi dan rekam sidik jari.

sumber : https://www.alshaumroh.com/2017/02/tips-persiapan-mental-dan-fisik-menuju-baitullah.html

0 Komentar

Paket Populer

Umroh Awal Tahun 2021
Umroh Awal Tahun 2021
IDR 29.260.000
Plus Turki Uludag Bursa
Plus Turki Uludag Bursa
IDR 32.000.000
Umroh Akhir Tahun 2020
Umroh Akhir Tahun 2020
IDR 31.350.000
Maret 2020
S S R K J S M
« Feb    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031